18 Salah Kaprah dalam Bahasa Indonesia

Beberapa tahun silam, tanpa sengaja saya menemukan sebuah artikel yang sangat menarik. Artikel tersebut membahas sebuah kata yang salah kaprah penggunaannya. Kala itu saya berpikir, mungkinkah ada salah kaprah yang lain? Ya, sejak itu, saya begitu tertarik untuk menemukan salah kaprah yang lain. Rasanya, KBBI menjadi kamus yang lebih menyenangkan dari sebelumnya! Hahaha.

Sebelum saya mulai menunjukkan ke tujuh belas kata tersebut, ada baiknya untuk kita semua memahami arti dari salah kaprah itu sendiri. Menurut KBBI, salah kaprah adalah kesalahan yang umum sekali sehingga orang tidak merasakan sebagai kesalahan. Ada begitu banyak salah kaprah yang terjadi di sekitar kita. Pada tulisan kali ini, saya akan memulainya dari sini:

1. Kau membuat ku berantakan
    Kau membuat ku tak karuan
    Kau membuat ku tak berdaya
    Kau menolakku acuhkan diriku

Sebagian besar dari kalian pasti mengenal petikan lirik lagu di atas. Ya, lagu yang berjudul Cinta Ini Membunuhku itu memang cukup fenomenal di masanya. Tapi, adakah dari kalian yang menyadari kesalahan pada lirik lagu yang dibawakan oleh Band D’Masiv ini?

Benar, kata acuh. Menurut KBBI, acuh berarti peduli. Bertentangan sekali dengan makna yang kita kira selama ini, ya!

2. Sekertaris

Kata ini begitu akrab di telinga saya saat saya tengah berada di sekolah. Siapa yang menyangka jika kata ini tidak terdapat di dalam KBBI? Ya, kata yang benar adalah sekretaris.

3. Rapot

Lagi-lagi di lingkungan sekolah. Saat mendekati akhir semester, kepala sekolah, guru, orang tua, siswa, hingga penjaga sekolah kerap memperbincangkan kata ini. Nyatanya, kata rapot tidak ditemukan di dalam KBBI. Yang ada hanyalah rapor.

4. Silahkan

Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari kepala sekolah SMAN Cendana. Kepada Bapak Budiman, dipersilahkan.

Akrab dengan kalimat yang senada dengan kalimat di atas? Tahukah kalian bahwa kata yang terdapat di KBBI bukanlah kata silahkan melainkan silakan?

5. Karir

Sepertinya, tidak ada siswa SMA yang merasa asing dengan kata yang satu ini, terutama siswa kelas 12 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Entah membaca artikel di koran, internet, atau brosur yang dibagikan oleh perguruan tinggi yang datang ke sekolah. Namun, nyatanya kata karir tidak ditemukan di dalam KBBI. Yang benar adalah karier.

6. Fikir >> Pikir

7. Lembab >> Lembap

8. Mesjid >> Masjid

9. Milyar >> Miliar

10. Nafas >> Napas

11. Negri >> Negeri

12. Nomer >> Nomor

13. Hisap >> Isap

14. Hapal >> Hafal

15. Indera >> Indra

16. Cendikiawan >> Cendekiawan

17. Cabe >> Cabai

18. Sekedar >> Sekadar

Well, sebagai generasi penerus bangsa yang baik, kita semua tentu menginginkan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, bukan? Yuk, bersama-sama mulai membenahi kesalahan di sekitar kita!

Daftar pustaka: http://kbbi.web.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s